11/20/2013

TEMPE DARI BUAH SUKUN ATAU BIJI BUAH NANKA

ABSTRAK

kami dari tim VIBRA ingin membuat tempe dari buah sukun atau biji buah nangka. Latar belakang nya karena sebagai mana kita ketahui bahwa harga kedelai saat ini di INDONESIA sangat susah di peroleh dan sekalipun ada harganya sangat lah mahal. Jadi dari judul tersebut kami ingin membuatnya hal ini di karenakan kami ingin memberi alternative atau solusi lain cara pembuatan tempe ini. Kami harap cara pembuatan tempe ini di publikasikan agar semua orang yang hendak ingin membuat tempe ini tidak perlu mengeluarkan biaya yang sangat mahal dan bahan bahan yang diperlukan dalam pembuatan tempe ini sangat mudah didapati maupun di jangkau oleh masyarakat.

selain itu dari semua ini,kami juga mempunyai tujuan yang paling utama yaitu agar para pembuat tempe maupun para penjual tempe tidak mengeluh lagi karena kami sangat sedih melihat keluhan mereka.karena senyuman mereka dalah kebahagian kami.dan juga kami tidak sampai hati melihat pembuat tempe tersebut terpaksa menerima pasokan yang sedikit dan juga harga bahannya yang mahal dan setelah itu di jual dengan harga yang murah dan memperoleh keuntungan yang sedikit .dari sanalah kami merumuskan masalahnya ,yang akhirnya kami membuat topic TEMPE dari BIJI BUAH NANGKA / BUAH SUKUN. Sangat di sayangkan setelah melalui proses yang cukup lama hanya mendapatkan keuntungan yang kecil bagi para penjual tempe.

dibalik ini,tempe tersebut memiliki kelemahan yaitu pembuatan tempe menggunakan biji buah nangka ataupun buah sukun mungkin dari segi cita rasanya agak berbeda sedikit dengan tempe yang terbuat dari kacang kedelai(enak versi lain).

dan juga kelebihannya yaitu pembuatan tempe yang terbuat dari biji buah nangka maupun buah sukun prosesnya tidak memakan waktu yang lama.dan dari segi bahannya mudah di dapat dan biayanya jauh lebih murah dan terjangkau oleh masyarakat.kami harap karya tulis ilmiah kami bias bermanfaat bagi masyarakat luas.



Cara pembuatan :

-buah sukun dan biji buah nangka dikupas dari kulitnya

-buah suku dan biji buah nangka direbus setengah matang agar tidak terlalu lembek

-kemudian ditumbuk dan dihaluskan

-dicetak bulat-bulat dengan pencetak tapi tidak harus dicetak bulat-bulat dgn pencetak

-kemudian buah sukun dan biji buah nangka yang telah di bulat-bulatkan di beri ragi tempe

-setelah itu buah sukun dan biji buah nagka yang telah di beri ragi tempe difermentasikan dengan plastic atau daun pisang


Apabila ada kritik atau saran mohon disampaikan kepada kami agar kami bias merubahnya menjadi yang lebih baik lagi

Sekian dari kami….:D









Riwayat penulis :



1. Nama : tiyara fany mansyah

Tempat tanggal lahir :pekanbaru,11 oktober 2000

Sekolah : kelas VIII eropa smp juara pekanbaru

Hobby :melakukan eksperimen,

Nama ortu :

 Ayah :AIDIL MANSYAH

Ibu :AFRIYATI

Prestasi yang di raih : mengikuti olimpiade matematika,mengikuti mading :3D

Alamat : jalan kelapa sawit ujung


2. Nama : sri dina lidya sari

Tepat tanggal lahir :pekanbaru,17 september 1999

Sekolah : kelas VIII eropa smp juara pekanbaru

Hobby : baca buku

Nama ortu:

Ayah : SAHARUDDIN

Ibu :A.ZAINAH SYAM

Prestasi yang di raih : mengikuti olimpiade matematika , mengikuti madIng : 3D

Alamat : perum.melati indah


SHARE THIS

Author:

Terima kasih sudah membaca Blog SMP Juara Pekanbaru. Selalu dukung smp juara pekanbaru, menjadi sekolah yang terbaik, bagi sobat yang mau mengirimkan saran silakan hubungi admin 085278260687.

0 komentar: