4/08/2018

Belajar Budidaya Satwa Harapan di Rumah Jangkrik



Untuk meningkatkan motivasi dan semangat siswa dalam belajar maka perlu adanya inovasi dalam pemelajaran. Inovasi bisa dalam hal media apa saja yang bisa membuat siswa menjadi menarik untuk belajar setiap hari. Salah satu Metode pembelajaran yang dipakai adalah metode pembelajaran Kontekstual. Dimana didalam pembelajaran ini siswa bisa menyaksikan atau terlibat langsung dalam pembelajaran.
Salah satu materi ajarnya adalah materi Prakarya tentang Budidaya Satwa harapan. Materi spesifiknya adalah Budidaya Jangkrik. Kali ini kelas Cordova melaksanakan observasi lapangan secara langsung di rumah pak alvis. Pak alvis mengawali dengan motivasi kepada siswa bahwa budidaya jangkrik ini adalah budidaya yang sangat bagus, karena jangkrik itu adalah hewan yang mudah hidup. Media yang digunakan juga sederhana, tinggal bekal kemauan saja yang harus ada.  Proses budidaya cukup sederhana. Hal yang pertama harus diketahui bagaimana proses pembesarann. Selain itu juga harus belajara bagaimana proses perkmebangbiakan, tempat hidup, hingga proses marketing.

Setelah menjelaskan pak alvis langsung mengajak siswa untuk melihat pembibitan Jangkrik. Masa hidup jangkrik sampe panen 30 – 33 hari jadi dalam setahun bisa sampai sekitar 11 kali panen. Pada saat melihat langsung jangkrik berumur 4 hari sampai 1 minggu. Siswa bertanya dan melihat dengan antusias pembibitan jangkrik. Ada yang juga bertanya secara langsung kepada bapak alvis.
“apa kesulitan yang sering dijumpai dalam budidaya jangkrik pak” tanya Azmi. Lalu pak alvis menjawab “ tidak ada kesulitan insyallah selagi kita masih mau berusaha, intinya harus disiplin dalam budidaya, dan tidak mengeluh jika hasil belum maksimal” jawabnya.
Kegiatan ditutup dengan foto bersama siswa dan pak alvis. Setelah ini pembelajaran akan dilanjutkan dengan siswa membuat proyek pembuatan Tempat Budidaya Jangkrik. 

 

SHARE THIS

Author:

Terima kasih sudah membaca Blog SMP Juara Pekanbaru. Selalu dukung smp juara pekanbaru, menjadi sekolah yang terbaik, bagi sobat yang mau mengirimkan saran silakan hubungi admin 085278260687.

0 komentar: