10/16/2018

5 ayat, yang penting Istiqamah


5 ayat kataku…., setiap pagi senin sampai kamis, selalu aku mengatakan antum cukup hanya menyetorkan 5 ayat aja hafalan baru mu. Setiap hari kalimat ini selalu diulang. Kadang tidak hanya dikelompok saya, tapi juga di kelompok tahfidz lainnya.
Kata dan motivasi selalu diberikan kepada siswa untuk setiap harinya menyetorkan hafalan barunya. “hafalan itu bukan untuk mr, tapi untuk antum, semakin banyak hafalan antum, semakin mudah antum meraih syurga, semakin besar peluang antum akan memasangkan mahkota kepada kedua orang tuamu di syurga nanti “ ungkap ku.
Jikalau 5 ayat setiap harinya siswa menyetorkan hafalannya, dan setiap masuk hafalan baru, mereka harus memurojaah hafalannya. Hitungan ku jelas, 5 x 4 hari x 4 minggu x 10 bulan saja = 800 ayat akan dihafal oleh siswa. Sedangkan pada juz 30 itu hanya terdapat 564 ayat, artinya lebih dari itu siswa bisa mendapatkan hafalannya. Kunci dari hafalan ini adalah istiqamah. Istiqamah dalam menghafal, istiqamah dalam membaca, dan istiqamah dalam memurojaah hafalannya.
Di SMP Juara Pekanbaru target hafalannya minimal 3 juz, mulai dari kelas 7. Hasil yang subhanallah menurut saya, ada siswa yang tak pernah bisa baca al-qur’an tapi bisa menyelesaikan hafalannya sampai 3 juz, bahkan ada yang lebih dari itu. Inti nya “5 ayat perhari, dan istiqamah dalam menyetorkan”.


SHARE THIS

Author:

Terima kasih sudah membaca Blog SMP Juara Pekanbaru. Selalu dukung smp juara pekanbaru, menjadi sekolah yang terbaik, bagi sobat yang mau mengirimkan saran silakan hubungi admin 085278260687.

0 komentar: