10/23/2018

"A BRIEF STORY OF HOME VISIT"

Home Visit merupakan bagian dari program Sekolah juara yang berkelanjutan dan jelas akan tujuannya. Bagi SMP Juara Pekanbaru khususnya, program ini sangat bermanfaat dalam rangka menjaga komunikasi yang baik antara pihak sekolah dengan siswa dan orangtua.

Dengan adanya Home visit, keterikatan antara guru, siswa dan orangtua semakin terasa dekat serta memudahkan dalam pemecahan masalah yang dihadapi. Tentu, tidak hanya bagian ini yang ingin kita kupas, melainkan kemanfaatan akan hadirnya program ini sungguh terasa dan berdampak positif bagi semangat juang mereka.

Mengunjungi siswa secara langsung ke rumahnya, telah menumbuhkan sikap peduli akan keadaan mereka dan membuat siswa merasa dekat keberadaannya dengan sekolah. Hal ini yang terus dijaga sehingga masalah yang dialami siswa tidak tertumpu pada jalan buntu.

Terutama bagi Wali kelas, telah menjadi rutinitas mingguan untuk mengunjungi rumah siswa secara random. Banyak cerita yang terdengar langsung dari orangtua siswa, berbagi kisah berlanjut, terkadang pecah dengan tawa. Disinilah peran sekolah bagi mereka, Guru tidak hanya mendidik melainkan menjadi teman bagi mereka, menasehati, mensupport dan memberi solusi terbaik

Bahagia dalam berbagi dan ikhlas menapaki, mereka bukan hanya teman melainkan keluarga yang mesti dijaga dan diberi arah. Merasakan apa yang mereka alami, itu sisi lain yang tak bisa dijelaskan dengan kata2. Suka duka yang penuh makna dalam kebersamaan terus kami jaga, begitu banyak dampak positif akan program Home visit yang hadir di sekolah juara, selalu menjadi salah satu program andalan yang mengedepankan pemecahan solusi bagi siswa khususnya.
Kisah dan Testimoni yang kami dapatkan langsung dari ortu dan siswa :

1. Nama siswa : Maisya
Ortunya merasa banyak bersyukur dengan diterimanya Maisyah disekolah juara dan dapat meringankan biaya hidup sehari2. Beliau menambahkan banyak perubahan kearah yang lebih baik dalam diri anaknya sejak diterima disekolah juara, tentu ini karena program2 sekolah juara yang selalu mengutamakan Pembentukan Karakter siswa/i sesuai dengan nilai yang ditanamkan sekolah juara yakni; Nilai Religius dan Pengembangan Karakter siswa.

2. Nama siswa : Della Friska
Setiap Pagi Jam 05.30 setelah sholat subuh, Della bersama Ibu berangkat kePasar Loket untuk membeli dagangan yang akan Ibu jual pada pagi harinya, karena Ibu memang tidak bisa membawa motor. Setelah belanja barang yang akan dijual seperti; Sayur-sayuran dan barang harian lainnya. Della pun segera menjemput abang yang berada dikedai, Abang setiap malam tidur dikedai untuk menjaga barang2 disana. Sampai dirumah barulah Della bersiap2 untuk berangkat sekolah; Memakai seragam, menyiapkan buku2 pelajaran dll. Begitulah rutinitas Subuh menjelang pagi yang tak pernah tinggal oleh Della. Harus siap, semangat dan ikut berjuang bersama orangtuanya.

3. Nama siswa : Yandri
Yandri merupakan anak ke 8 dari 8 bersaudara, sekarang tinggal bersama Ibu angkatnya, Alhamdulillah Yandri telah menyelesaikan hapalan Juz 30 dan Juz 29 pada tahun ini.

4. Nama Siswa : Randy
Dia anak yang aktif disekolah baik itu dikegiatan belajar dan ekskul, dari cerita orang tuanya; Randi adalah anak yang sering membantu orang tua tanpa harus disuruh.

5. Nama siswa : Ananda Putri
Ibunya juga bercerita tentang ayahnya putri yang berubah drastis semenjak anaknya masuk ke SMP Juara, yang biasanya sholat 5 waktu dirumah, Alhamdulillah sekarang sholat 5 waktunya di Masjid.

Hidup harus berlanjut, sedih tak mungkin berlarut, Begitulah kisah kami. Banyak cerita yang terukir indah dalam program Home visit sekolah juara, khususnya SMP Juara Pekanbaru.

#Homevisit
#smpjuarapekanbaru


SHARE THIS

Author:

Terima kasih sudah membaca Blog SMP Juara Pekanbaru. Selalu dukung smp juara pekanbaru, menjadi sekolah yang terbaik, bagi sobat yang mau mengirimkan saran silakan hubungi admin 085278260687.

0 komentar: