10/23/2018

Implementasi Konsep MIKiR dalam Persiapan Ujian Nasional kelas 9


Tidak ada yang tidak mungkin untuk suatu impian. Semua bisa kita dapatkan ketika kita berusaha keras untuk mendapatkannya, dan menyusun semua langkah langkah untuk mencapai impian dan keinginan kita.
Begitulah yang selalu saya sampaikan dalam setiap pertemuan diawal masuk memulai sebuah pembelajaran dikelas. Orang bijak mengatakan “if you think you can you can, if you think you can’t you can’t. jika kita berpikir kita bisa melakukannya maka kita pasti bisa, jika kita berpikir kita tidak bisa, maka kita akan sulit mendapatkannya. Dalam pembelajaran matematika tentu perlu adanya kesabaran dan ketekunan dalam pembelajaran. Terlebih lagi kelas 9 berada diambang finish pembelajaran.
Pembelajaran kali ini lebih banyak menekankan ketekunan dan keuletan dalam mengerjakan tugas tugas di buku Real Mentor sebagai persiapan menghadapi UN. Pembelajaran kali ini akan membedah soal soal yang belum bisa dituntaskan oleh beberapa siswa. Diawali dengan bertanya soal mana yang akan dibahas.
Rozi contohnya meminta dibahas soal no 25 dalam buku prediksi 2 UN Real Mentor. Saya sebagai guru tidak langsung menjelaskan, namun mengajak semua siswa untuk berpikir bersama, akhirnya ada Muhammad Ghazali yang ingin mencoba mengerjakan dan menerangkan kepada temannya tentang soal no 25 ini. Step by step disampaikan oleh ghaza dalam mengerjakan soal ini. Dari pemaparannya memang ada beberapa siswa yang masih bingung dan mempertanyakan jawabannya. Disanalah peran seorang guru untuk memberikan pendampingan terhadap jawaban  yang diberikan siswa. Saya sebagai guru akhirnya memperbaiki hal hal yang masih keliru dalam jawabannya. Alhamdulillah semua siswa memahami dengan baik dan memahami konsepnya.
Pembelajaran MIKiR, Mengalami, interaksi , komunikasi dan Refleksi penting dilakukan agar dalam mengerjakan soal UN ini tidak hanya berpusat pada guru saja, namun siswa punya andil penting didalamnya.


SHARE THIS

Author:

Terima kasih sudah membaca Blog SMP Juara Pekanbaru. Selalu dukung smp juara pekanbaru, menjadi sekolah yang terbaik, bagi sobat yang mau mengirimkan saran silakan hubungi admin 085278260687.

0 komentar: