10/23/2018

Ruby Kyara Valencia, Anak Yatim yang Bertekad MenjadiPenghafal Al-Qur'an



Meski rindu terhadap ayahandanya yang telah tiada, Ruby (13 tahun) tetap periang karena banyak saudara dan teman-teman di tempatnya sekolah. Justru kerinduanya itu mendorong dirinya untuk selalu berprestasi.
“Saya ingin menjadi hafidzah Al-Qur’an agar bisa mendoakan kedua orangtua khususnya almarhum ayah yg sudah tiada,” ujar siswa kelas VII SMP Juara Pekanbaru.

Ayahanda Khairul Hafzan berpulang saat Ruby berusia enam tahun, setelah itu Ruby hanya tinggal bersama ibu dan dua orang adiknya. Ibunda Julyawati adalah wanita tangguh yang sangat memperhatikan pendidikan anak-anaknya. Di usia kelas lima Sekolah Dasar ibunda Ruby menyekolahkan Ruby di salah satu Pondok Tahfidz di Jakarta selama dua tahun melalui bantuan dana dari tantenya. Dengan lingkungan yang kondusif di ma’had, dirinya kian tekun menuntaskan hafalan-hafalan Al-Qur’an, meskipun harus berpisah dari ibunya.

Kini setelah selesai menempuh pendidikan Sekolah Dasar, ibu Ruby dengan kemampuan ekonomi yang terbatas tetap menginginkan anaknya tetap mendapatkan pendidikan Al-Qur'an terkhusunya Tahfidz Qur'an di sekolah menengahnya. Maka SMP Juara Pekanbaru menjadi pilihan ibunda Ruby untuk kelanjutan pendidikan anaknya.

Program Tahfidz SMP Juara Pekanbaru, dimana setiap hari siswa-siswinya diwajibkan menyetorkan hafalan Al-Qur'an mereka menjadikan Ruby mendapatkan lingkungan yang pas untuk menjaga dan menambah hafalan Qur'annya “Alhamdulillah saya kini telah hafal 15 Juz,” ungkapnya.

Selain itu, untuk meningkatkan semangat siswa-siswinya dalam menghafal Al-Qur'an, SMP Juara Pekanbaru rutin melaksanakan wisuda Qur'an di tiap semesternya, dan tentu saja Ruby menjadi salah satu dari 75 siswa yang di wisuda. Tangis haru Ruby dan ibundanya tumpah saat prosesi pemasangan mahkota secara simbolis dari wisudawan-wisudawati kepada orangtuanya.

"Semoga kelak di surga, ana bisa memasangkan mahkota dan jubah sesungguhnya kepada ayah dan ibunda ana dihadapan seluruh penghuni syurga, Aamiin.." ungkap Ruby di sela-sela kegiatan prosesi wisuda.


SHARE THIS

Author:

Terima kasih sudah membaca Blog SMP Juara Pekanbaru. Selalu dukung smp juara pekanbaru, menjadi sekolah yang terbaik, bagi sobat yang mau mengirimkan saran silakan hubungi admin 085278260687.

0 komentar: