10/30/2018

"Senyum Semangat Saat Praktek Memasak"


(26/10/2018)

Saya masih ingat ketika SD sampai SMA, setiap tahunnya di sekolah selalu ada praktek masak memasak yang  dilakukan oleh para siswa. Para siswa dibagi secara berkelompok untuk memasak beberapa menu makanan dan kemudian disajikan untuk dinilai oleh para guru.

Pada pembelajaran Bahasa Indonesia dikelas 7 Madinah diakhir Bab pada meteri "Teks Prosedur" melaksanakan praktek memasak. Tema memasak kali ini membuat Mie Nusantara.
Teks Prosedur merupakan teks yang berisi tentang langkah-langkah atau tahap-tahap untuk melakukan sesuatu hal baik maelakukan suatu kegiatan tertentu maupun membuat sesuatu yang disajikan secara berurutan.

Kegiatan masak memasak itu banyak manfaat dan nilai positifnya bagi siswa.
1. Memberikan pelajaran kepada siswa bahwa memasak itu tidak mudah, melelahkan dan juga harus sabar.
2. Memberikan pelajaran kepada siswa asal usul atau proses pengolahan bahan makanan sampai siap disantap.
3. Kegiatan masak memasak dapat dijadikan sebagai ajang untuk mengimplementasikan keahlian berhitung dan analisa.
4. Belajar membuat rencana, melakukan persiapan dan mengatur waktu untuk memasak
Proses memasak itu biasanya dilakukan dengan memilih masakan apa yang mau dimasak, melakukan persiapan resep, bahan makanan, alat untuk mengolah bahan, alat untuk memasak dan perlengkapan untuk menyajikan.
Memasak itu ibaratnya seperti mengerjakan sebuah proyek, ada rencana, persiapan, eksekusi dan penyelesaian akhir. Dengan melakukan kegiatan masak memasak maka anak-anak seolah belajar melakukan project manajemen atau melakukan sebuah kegiatan secara sistematis.
5. Belajarlah untuk membedakan makanan dengan menggunakan ke 5 panca indra
Makanan dapat dibedakan dengan cara dikecap, dicium aromanya, dilihat penampilannya, didengar saat proses masak dan disentuh teksturnya.

"Kerja sama dalam kelompok, saling bertanggung jawab atas job description yang sudah ditentukan, dan komunikasi yang baik diantara siswa dalam melakukan proses memasak" ujar Siti Aisyah sambil tersenyum.

#ijf
#oktober
#smpjuarapekanbaru


SHARE THIS

Author:

Terima kasih sudah membaca Blog SMP Juara Pekanbaru. Selalu dukung smp juara pekanbaru, menjadi sekolah yang terbaik, bagi sobat yang mau mengirimkan saran silakan hubungi admin 085278260687.

0 komentar: