10/23/2018

Yes,kami coba dan kami berhasil “membuat elektroskop sederhana”



Hari ini kami siswa kelas 9 damaskus belajar membuat elektroskop sederhana, pada pertemuan sebelumnya ibu guru sudah menjelaskan alat dan bahan yang kami butuhkan untuk membuat elektroskop sederhana ini, kamipun menyiapkan segala perlengkapan yang dibutuhkan dengan penuh antusias.

Pada percobaan kali ini kami memanfaatkan botol-botol bekas minuman, kawat tembaga dan sedikit aluminium foil sebagai bahan pembuat elektroskop. Kami tidak perlu membeli bahan-bahan ini karena bahan yang diperlukan tidak terlalu banyak dan sudah tersedia dirumah.

Setelah membaca buku referensi dan mencari sumber di youtube, kami mencoba merakit alat sederhana ini, kami tidak mendapatkan kesulitan dalam mengerjakannya, namun ketika ingin menguji muatan pada elektroskop kami mulai kebingungan, ada yang langsung berhasil namun tak sedikit yang berkecil hati melihat daun alumunium yang tidak mekar ketika didekatkan dengan penggaris plastik yang sudah diberikan muatan.

Kira-kira apa yang salah ya dari elektroskop saya ya tutur hafiz ketika melihat temannya desri yang berhasil menggerakkan daun elektroskopnya, hafiz pun tak putus asa ia mencoba mencari tahu penyebab ketidak berhasilannya. Hal yang sama juga dilakukan anak-anak yang lain, mereka berusaha memperbaiki elektroskop masing-masing hingga akhirnya semua daun elektroskop sederhana karya anak-anak kelas 9 damaskus bisa mekar saat didekatkan dengan benda bermuatan listrik.

Akhirnya kita berhasil tutur mereka dengan bangga, dalam melakukan percobaan sering kali kita dihadapkan dengan kegagalan terlebih dahulu, hal ini agar kita berusaha lebih keras lagi untuk mencapai hasil yang terbaik karena belajar tidak hanya melihat hasil tapi juga proses yang dijalani.
#smpjuarapku #juaraitumilikkita

Kontributor : yuliza fitri


SHARE THIS

Author:

Terima kasih sudah membaca Blog SMP Juara Pekanbaru. Selalu dukung smp juara pekanbaru, menjadi sekolah yang terbaik, bagi sobat yang mau mengirimkan saran silakan hubungi admin 085278260687.

0 komentar: