11/01/2013

Visi & Misi SMP Juara Pekanbaru



Visi
Dengan menganalisa  potensi yang ada di SMP Juara Pekanbaru baik dari segi input/ peserta didik baru, kompetensi tenaga pendidik, tenaga kependidikan, lingkungan sekolah,  peran serta masyarakat, dan out come/ keberhasilan  lulusan  SMP Juara Pekanbaru serta masyarakat sekitar sekolah yang religius, serta melalui komunikasi dan koordinasi yang intensif antar sekolah dengan  warga sekolah maupun dengan stakeholder, tersusunlah visi sekolah.
Adapun visi SMP Juara Pekanbaru adalah :
“berprestasi dan berkarakter dalam bingkai iman dan taqwa”
Indikator Visi :
a.         Terwujudnya pengembangan kurikulum yang adaptif dan proaktif
b.        Terwujudnya proses pembelajaran yang efektif dan efisien
c.         Terwujudnya lulusan yang cerdas dan kompetitif
d.        Terwujudnya prasarana dan sarana pendidikan yang relevan dan mutakhir
e.        Terwujudnya SDM pendidikan yang memiliki integritas dan loyalitas serta kemampuan   dan kesanggupan kerja yang tinggi
f.          Terwujudnya lulusan yang memiliki life skill tinggi
g.         Terwujudnya menejemen sekolah yang tangguh
h.        Terwujudnya kelembagaan sekolah yang selalu belajar (learning school environment)
i.           Terwujudnya pengembangan kehidupan beragama yang optimal
j.          Terwujudnya Kepemimpinan yang profesional (professional leadership)
k.         Terwujudnya tujuan bersama (shared vision and goals)
l.           Terwujudnya Konsentrasi pada belajar-mengajar (concentration on learning and teaching)
m.      Terwujudnya Penguatan/pengayaan/pemantapan yang positif (positive reinforcement)
n.        Terwujudnya pengajaran yang penuh makna (purposeful teaching)
o.        Terwujudnya Kemitraan keluarga-sekolah (home-school partnership).
Misi
Dalam rangka mencapai visi tersebut, perlu dijabarkan menjadi beberapa misi. Adapun misi SMP Juara Pekanbaru yakni sebagai berikut.
1.       Membentuk warga sekolah yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia dan berbudi pekerti luhur dengan mengembangkan sikap dan perilaku religius baik didalam sekolah maupun diluar sekolah
2.       Mengembangkan budaya gemar membaca, rasa ingin tahu, bertoleransi, bekerjasama, saling menghargai, displin , jujur, kerja keras, kreatif dan inovatif.
3.       Menciptakan suasana pembelajaran yang menantang, menyenangkan, komunikatif, tanpa takut salah, demokratis serta adanya bimbingan secara efektif sehingga setiap siswa berkembang secara optimal, sesuai dengan potensi yang dimiliki.
4.       Menumbuhkan semangat entrepreneurship secara intensif kepada seluruh warga sekolah.

Tujuan Sekolah

Mengacu pada visi dan misi sekolah, serta tujuan umum pendidikan dasar, tujuan sekolah dalam mengembangkan pendidikan ini adalah sebagai berikut ini.

a.         Terpenuhinya perangkat pembelajaran untuk  semua mata pelajaran dengan mempertimbangkan pengembangan nilai religius dan budi pekerti luhur.
b.        Terwujudnya budaya gemar membaca, kerjasama, saling menghargai, displin , jujur, kerja   keras, kreatif dan inovatif.
c.         Terwujudnya peningkatan Prestasi dibidang Akademik dan non-Akademik
d.        Terwujudnya suasana pembelajaran yang menantang, menyenangkan, komunikatif, tanpa takut salah, dan demokratis.
e.        Terwujudnya efisiensi waktu belajar, optimalisasi penggunaan sumber belajar dilingkungan untuk menghasilkan karya dan prestasi yang maksimal. 
f.    Terwujudnya lingkungan sekolah yang memiliki kepedulian sosial dan lingkungan, cinta damai, cinta tanah air, semangat kebangsaan, serta hidup demokratis.

SHARE THIS

Author:

Terima kasih sudah membaca Blog SMP Juara Pekanbaru. Selalu dukung smp juara pekanbaru, menjadi sekolah yang terbaik, bagi sobat yang mau mengirimkan saran silakan hubungi admin 085278260687.