10/24/2012

Pendidikan Masa depan



Pendidikan Untuk Masa Depan
(Sebuah pandangan untuk pengelolaan pendidikan formal Indonesia Juara)
 
Pendidikan adalah sebuah wilayah yang harus mendapat perhatian khusus dan komprehensif. Bukan karena sekedar ini dibutuhkan untuk melengkapai struktur perjalanan sebuah bangsa atau peradaban tapi jauh dari itu pendidikan harus mendarah daging dalam sendi kehidupan dengan seluruh aspek yang melekat padanya. Oleh karena itu, negara yang maju adalah negara yang memberikan porsi perhatian yang cukup besar pada dunia pendidikan, karena dengan pendidikan inilah dimensi kehidapan itu akan tertata dengan rapi. Kalaulah kita mau melihat sejenak ke sebuah klub sepakbola internasional yang begitu luar biasa mendominasi persebakbolaan tidak hanya di kelas lokal namun juga pada tataran persebakbolaan internasional, klub itu adalah Barcelona FC. Melihat sedikit kebelang, kesuksesan bercelona bukan hasil yang diraih pada saat ini dan hadir begitu saja,tapi barcelona telah menyiapkan kesuksesan itu jauh jauh hari dengan cara membangun sarana pendidikan sepakbola dengan mendidik para pesebakbola muda sebagi iron stock yang dikemudian hari menjadi para pesebakbola profesional. Sekali lagi ini adalah bagaimana Barcelona FC begitu serius memperhatikan pendidikan dunia sepakbola sesuai kebutuhannya.
Dari contoh ini, kita dapat menarik kesimpulan bahwa kesuksesan sebuah bangsa dapat dilihat bagaimana pendidikan diperlakukan di negara itu. Ketika Rasulullah SAW, diutus oleh Allah SWT, tugas adalah bagaimana seluruh umat manusia bisa selamat dengan cara menghambakan diri kepada Allah dengan penghambaan yang sebenarnya. Tugas ini sekali lagi adalah bagaimana rasulullah mendidik umat manusia pada saat itu, dan pendidikan pertama kali yang sampaikan adalah bagaimana umat manusia itu mentuhidkan Allah SAW. Tentu, yang di sentuh oleh Rasullah SAW adalah ruang Afektif (akhlak) karena ini punya peran dalam domain kehidupan manusia.
Sekolah Unggul sama dengan sekolah efektif
Kebanyakan orang akan bertanya apasih sekolah unggul? Pada pendekatan konsep sekolah unggul akan muncul pendekatan yang senantiasa muncul dari setiap orang yang memandangnya. Diantara Konsep sekolah unggul yang muncul adalah Memandang luaran pendidikan yang unggul karena inputnya unggul, sekolah akan merekrut siswanya dengan mengetes calon peserta didiknya mereka yang lulus dengan standar yang diharapkanlah yang akan lulus. Sekolah berpandangan bahwadengan input yang unggul akan memudahkan para tenaga pendidik dalam mengarahkan siswanya dengan berbagai pendekatan untuk mencapai targetan tertentu. Pendekatan sekolah unggul dengan konsep ini akan berakhir dengan tidak memberikan ruang kepada siswa yang dianggap tidak unggul dari segi akademik. Pendekatan kedua adalah dengan mengabaikan input tetapi melakukan proses management dan outputnya adalah siswa berprestesi. Pada pendekatan konsep ini, semua calon peserta didik punya kesempatan yang sama.
AG00041_Dan Indonesia Juara selaku pemain dalam dunia pendidikan yang telah memiliki 11 sekolah dasar dan 2 Sekolah Menengah pertama yang dinamai sekolah juara yang mengdepankan keunggulan dalam pengelolaan pendidikannya mengambil pendekatan konsep sekolah unggul yang kedua, yaitu mengabaikan input tetapi lebih menitik tekankan pada proses, dalam hal ini dapat di gambarkan dengan bagan berikut: