2/25/2019

PROFIL SMP JUARA PEKANBARU SMP JUARA PEKANBARU, RELEGIUS – BERKARAKTER DAN BERPRESTASI


6 tahun yang lalu Rumah Zakat mendirikan sebuah lembaga pendidikan yang menamakan diri Sekolah Juara yaitu SMP Juara Pekanbaru. Siswa siwa SMP Juara Pekanbaru berada disekolah sejak pagi sampai sore. Sekolah SMP Juara Pekanbaru berdiri pada tahun 2012.
Kekhasan yang dimiliki oleh SMP Juara Pekanbaru mengangkat sebuah tagline besar Religius – berkarakter dan Berprestasi.
Secara historis SMP Juara Pekanbaru berdiri dalam rangka untuk meningkatkan mutu pendidikan Indonesia, dan membantu kaum lemah untuk bisa mengecap pendidikan yang layak. “setiap anak Juara” itulah yang menjadi pendorong menjadikan sekolah ini bisa menjadi sekolah yang memiliki pengaruh yang cukup siginifikan dibidang pendidikan khusus nya di Kota Pekanbaru .
SMP Juara Pekanbaru terletak di Jalan Legasari RT 3 RW 3, kelurahan Tangkerang Selatan, Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru dengan luas tanah 1000 meter persegi dengan luas bangunan sekolah 550 meter persegi. SMP Juara diresmikan Tepat pada bulan Juli 2012.
SMP Juara pekanbaru memiliki 2 jalur masuk, yaitu jalur Mandiri yang diperuntukkan untuk Umum, dan Jalur Beasiswa yang bekerjasama dengan Rumah Zakat.
Visi Misi dan kekahsan SMP Juara Pekanbaru
Visi SMP Juara Pekanbaru : Berprestasi dan Berkarakter Dalam Bingkai Iman dan Taqwa.
Misi SMP Juara Pekanbaru : Membentuk warga sekolah yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia dan berbudi pekerti luhur dengan mengembangkan sikap dan perilaku religius baik didalam sekolah maupun diluar sekolah. Mengembangkan budaya gemar membaca, rasa ingin tahu, bertoleransi, bekerjasama, saling menghargai, displin , jujur, kerja keras, kreatif dan inovatif. Menciptakan suasana pembelajaran yang menantang, menyenangkan, komunikatif, tanpa takut salah, demokratis serta adanya bimbingan secara efektif sehingga setiap siswa berkembang secara optimal, sesuai dengan potensi yang dimiliki. Menumbuhkan  semangat entrepreneurship secara intensif kepada seluruh warga sekolah
SMP Juara Pekanbaru memiliki 3 NIlai inti yang menjadi stadarisasi kelulusan, yang pertama adalah Kurikulum yang mengintegrasikan Kurikulum Nasional dan Kurikulum Inti sekolah Juara. Proses penanaman akademik kepada siswa tidak hanya bersifat formalitas saja, namun ditopang dengan nilai karakter yang diintegrasikan dalam proses pembelajaran. Nilai nilai keislaman menjadi point utama dalam pembangunan karakter setiap individu Siswa SMP Juara Pekanbaru. Yang kedua yaitu Alqur’an. Target setiap siswa SMP Juara Pekanbaru minimal memiliki hafalan 3 Juz. Penanaman nilai Alqur’an menjadi point penting di SMP Juara Pekanbaru. Selama 6 Tahun pencapaian Hafalan Alqur’an siswa terus meningkat. Penanaman nilai Alqur’an kedalam setiap siswa akan menanamkan nilai –nilai Qur’ani kepada setiap siswa. Selanjutnya yang ketiga yaitu penanaman nilai Core Value. Core value “JUARA” yang memiliki arti Jujur, ulet, aksi, Relegius, dan amanah.
Ketiga rumusan tersebut dapat disimpulkan sbb: Kurikulum Inti, Alqur’an dan Core Value. Ketiga nilai tersebut menjiwai susunan kurikulum yang dibuat di SMP Juara Pekanbaru.
Pola Pembinaan dan proses pembelajaran
Dengan mengambil prinsip setiap anak juara, Anak yang masuk ke SMP Juara Pekanbaru, diseleksi dalam beberapa tahapan. a. Pengetahuan dasar umum dan agama yang cukup, b. Bacaan al_qur’an dan takhfidz yang cukup, c. kemampuan bahasa, d. Ahlakul karimah e. Keterlibatan dan partisipasi orang tua/wali. Kemudian, raw in-put tersebut dianalisa karakteristiknya, dibuat kontrak belajar, diketahui bakatnya, dan motivasi belajar. Hasil analisa disampaikann kepada guru dan dibuat kelompok belajar. Dengan data tersebut guru dapat merencanakan pola pembinaan yang pas buat masing-masing kelompok. Masing-masing kelompok didampingi seorang guru.

Proses pendidikan yang diberikan kepada siswa berprinsip pada: seluruh waktu adalah proses pembelajaran, guru mendampingi siswa merefleksikan ilmunya, menciptakan situasi kondusif di kelas untuk belajar. Misalnya: siswa dikut sertakan pada aktivitas ibadah qurban, bazaar, bakti sosial, pengajian rutin dengan masyarakat sekitar. Siswa juga diajarkan tentang pembelajaran entrepreneur yaitu dalam program market day. Pembinaan siswa juga di topang dalam pembelajaran Pramuka dan Ekstrakurikuler yang wajib diikuti oleh siswa disekolah.
Prestasi SMP Juara Pekanbaru
Dalam kurun waktu hampir 7 tahun, SMP Juara pekanbaru sudah mampu memperoleh prestasi yang fantastis mulai dari tingkat Nasional sampai tingkat Kelurahan. Diantara prestasi yang paling membanggakan dalam kurun waktu 4 tahun SMP Juara Pekanbaru sudah memiliki Akreditasi A. secara nasional SMP Juara Pekanbaru berhasil mengirimkan siswa untuk ikut dalam program Jambore Pramuka Nasional. Di tingkat Provinsi, SMP Juara Pekanbaru beberapa kali berhasil meraih prestasi Juara Umum Pramuka se Riau. Ditingkat Kota Pekanbaru, beberapa prestasi sudah di ukir oleh siswa siswi smp juara pekanbaru, diantaranya Medali emas, Perak dan Perunggu Taekwondo beberapa event di pekanbaru, Juara umum Pramuka se Pekanbaru, Juara Tahfidz, pengetahuan keislaman, Pidato, Story Telling, Juara memanah se Pekanbaru, Juara Pantomim FLS2N Pekanbaru. Ditingkat Kecamatan dan Kelurahan, siswa siswi sudah banyak mewakili Kelurahan untuk mengikuti MTQ tingkat Kecamatan dan Kelurahan.

 

SHARE THIS

Author:

Terima kasih sudah membaca Blog SMP Juara Pekanbaru. Selalu dukung smp juara pekanbaru, menjadi sekolah yang terbaik, bagi sobat yang mau mengirimkan saran silakan hubungi admin 085278260687.

0 komentar: