4/23/2019

PROGRAM HOME VISIT EFEKTIF PANTAU PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA

Salah satu program yang menjadi unggulan SMP Juara Pekanbaru adalah Home Visit. Kegiatan home visit ini merupakan salah satu kegiatan konseling yang di program melalui learning support unit. program home visit atau kunjungan rumah adalah metode untuk memahami individu dengan cara konseling, yakni mengadakan kunjungan ke rumah orangtua siswa dengan tujuan untuk mengenal dan memahami keadaan siswa selama di rumah
Tujuan utama program home visit ini ialah untuk mensosialisasikan tentang permasalahan dan perkembangan yang dialami anak, baik di sekolah ataupun di rumah. Selain itu, juga untuk mensosialisasikan program-program sekolah sekaligus menjalin silaturrahim antara guru dan orangtua siswa serta memberikan kesempatan kepada orangtua siswa mengungkapkan aspirasi dan keinginan terkait dengan perkembangan anak mereka di sekolah
Saat ini, siswa siswi smp juara pekanbaru kelas 7 dan 8 sedang libur karena kegiatan USBN dan UNBK. Sehingga perlu adanya pantauan langsung maupun tidak langsung. Pantauan langsung berupa home visit, sedang secara tidak langsung menggunakan media komunikasi, dll. Beberapa hal yang dipantau antara lain, aktifitas dirumah, aktifitas ibadanya, tilawah, pekerjaan rumah, dll.
Dengan program home visit, tujuan mengenal karakter dan pribadi siswa secara lebih dekat lebih dimungkinan tercapai melalui pendekatan kepada orangtua siswa, khususnya menyangkut keadaan anak di rumah atau ketika bersama orangtua. Dengan pendekatan itu pula, para orangtua berkesempatan menyampaikan permasalahan yang mereka alami dalam kepengasuhan anak. Pada akhirnya, melalui jalinan komunikasi yang baik dengan para guru, komitmen orangtua akan terus terbangun untuk ikut berperan dalam pengembangan karakter anak.


SHARE THIS

Author:

Terima kasih sudah membaca Blog SMP Juara Pekanbaru. Selalu dukung smp juara pekanbaru, menjadi sekolah yang terbaik, bagi sobat yang mau mengirimkan saran silakan hubungi admin 085278260687.

0 komentar: