10/30/2018

Yuk Ajak Siswa Belajar di Luar Kelas


Siswa kelas #8Andalusia sedang melakukan kegiatan pembelajaran di luar kelas (Outdoor Study)
Pernah dengar penggalan lirik lagu atau puisi ini? “Semua orang itu guru, alam raya sekolahku”. Lirik itu memberikan pesan kepada kita baik selaku guru ataupun manusia pada umumnya, bahwa kalau mau belajar itu tidak harus di dalam kelas. Kita bisa memanfaatkan akan raya (lingkungan sekitar) untuk dijadikan sumber dan tempat untuk belajar.
Dalam melakukan kegiatan pendidikan menurut Prof. Yus Rusyana, bahwa dalam melakukan kegiatan pendidikan itu harus mencakup kegiatan berbahasa, kegiatan mengindera, kegiatan rohani, dan kegiatan jasmani.

Kembali pada pembelajaran di luar kelas, saya mencoba mengajak siswa untuk meningkatkan daya imajinasi dan kreativitas dalam menambah wawasan dalam membuat karangan "Teks Eksposisi"
Teks eksposisi adalah teks yang berisi paragraf atau karangan yang didalamnya terkandung sejumlah Pengetahuan dan informasi yang disajikan secara singkat, padat, akurat dan tentunya mudah untuk dipahami.
Ketika melakukan pembelajaran di luar kelas akan terlihat wajah-wajah penuh kegembiraan. Siswa bisa melihatnya alam lingkungan sekitar sekolah, dapat dengan mudah membuat cerita dan menyalin tulisan mereka terkait judul yang masing2 mereka ciptakan mengenai Teks Eksposisi.

Masing2 siswa bebas menentukan posisi duduk ternyaman dalam membuat karangan Teks Eksposisi hingga tercipta judul dan untaian kata-kata menarik dari karang mereka.
Mengasah kepandaian dalam membuat cerita  terkait fakta di alam serta membuat argumen sendiri dalam membuat cerita.


#Ijf
#smpjuarapku
#juaramilikkita
#outdoorstudy


SHARE THIS

Author:

Terima kasih sudah membaca Blog SMP Juara Pekanbaru. Selalu dukung smp juara pekanbaru, menjadi sekolah yang terbaik, bagi sobat yang mau mengirimkan saran silakan hubungi admin 085278260687.

0 komentar: