10/30/2017

SISWA SMP JUARA PEKANBARU BELAJAR DI DEKRANASDA RIAU




 
Kegiatan outing kali ini Rabu, 25 Oktober 2017 kami berkesempatan berkunjung ke Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda). Sesampainya disana kami disambut dengan tangan terbuka oleh beberapa staf, kemudian diberikan pengarahan oleh Pak Siswopranoto selaku Sekretaris Dekranasda. Sebanyak 47 orang Siswa Kelas VII Alexandria dan VII Madinah SMP Juara Pekanbaru yang hadir pada hari ini menjadi peserta kegiatan. Beliau memperkenalkan berbagai macam kerajinan yang ada di Riau, salah satu nya adalah Kerajinan tenun.
Setelah diberi pengarahan kami dibawa ke tempat memproduksi kain tenun, disana kami melihat langsung proses pembuatannya, mulai dari kumpulan benang hingga menjadi kain tenun yng bermotif sangat indah. Suharta sebagai salah seorang peserta kegiatan menyampaikan, "Kita dapat informasi cara pembuatan kain tenun, benang tenun, mengolah benang yang ditenun dan koleksi-koleksinya. Harga kain tenun yang berada di sana kisaran ratusan ribu. Kita bisa melihat ukiran-ukiran kayu dengan harga yang tinggi yang sampai 1 jutaan. Songket yang ada di sana bermotif batik. "
Mom Yuri Febrinanda yang turut mendampingi kegiatan ini mengatakan anak-anak sangat antusias terutama saat berada di ruang produksi. Di situ anak-anak bisa melihat cara menghasilkan kain songket secara langsung mulai dari hanya sebuah kumpulan benang-benang hingga menjadi kain songket yang bernilai tinggi. Dari kegiatan ini siswa diharapkan memiliki jiwa enterpreneur.

SHARE THIS

Author:

Terima kasih sudah membaca Blog SMP Juara Pekanbaru. Selalu dukung smp juara pekanbaru, menjadi sekolah yang terbaik, bagi sobat yang mau mengirimkan saran silakan hubungi admin 085278260687.

0 komentar: