3/26/2018

Model Penyaringan Darah dalam Ginjal

Suasana Senang dalam Pembelajaran IPA

Hari ini anak-anak kelas 8 cordova #smpjuarapku  mempelajari topik sistem ekresi pada manusia, organ pertama yang kami pelajari adalah ginjal.
Untuk lebih memahami bagaimana proses penyaringan darah yang terjadi dalam ginjal, anak-anak mempraktikkannya dengan alat dan bahan sederhana .

Langkah pertama sediakan terlebih dahulu alat yang diperlukan yakni gelas kimia, corong, batang pengaduk dan kertas saring.
Kemudian sediakan bahan yang digunakan sebagai pengganti darah yakni air yang telah dicampur dengan pewarna makanan dan ditambahkan sedikit tepung.
Selanjutnya larutan tadi disaring dengan alat yang telah disusun sebelumnya.

Dari hasil percobaan terlihat bahwa larutan yang disaring terlihat lebih jernih dan encer dari larutan awal hal ini disebabkan karena adanya tekanan ke bawah yang mendorong air dan komponen - komponen melewati pori-pori dari kertas saring. Sedangkan komponen yang memiliki ukuran besar tidak dapat ikut melewati kertas saring.

Hal ini merupakan model dari penyaringan yang terjadi pada ginjal manusia, dimana corong dan kertas saring diumpamakan sebagai glomerulus, dan gelas kimia sebagai kapsula bowman.

Dengan mempraktikannya langsung membuat daya tarik tersendiri bagi anak-anak dalam memahami materi.



#smpjuarapku
#juaraitumilikkita
#imsharingimhappy

SHARE THIS

Author:

Terima kasih sudah membaca Blog SMP Juara Pekanbaru. Selalu dukung smp juara pekanbaru, menjadi sekolah yang terbaik, bagi sobat yang mau mengirimkan saran silakan hubungi admin 085278260687.

0 komentar: