12/05/2018

Belajar berwirausaha dengan olahan serealia,kacang-kacangan dan umbi



Sebagai negara agraris serealia,kacang-kacangan dan umbi merupakan tanaman pangan yang banyak dihasilkan di Indonesia. Tanaman pangan ini selain mudah didapat juga memiliki kandungan karbohidrat yang baik bagi nutrisi tubuh,sedangkan kacang-kacangan mengandung banyak protein,vitamin, mineral dan lemak sehat.

Berlatar belakang hal tersebut, pada ujian praktik semester ini siswi kelas 8 andalusia ditugaskan untuk mengolah bahan pangan  serealia, umbi dan kacang-kacangan menjadi makanan atau minuman yang bernilai gizi.

Sebelumnya anak-anak sudah dibagi kedalam beberapa kelompok, selanjutnya masing-masing mendiskusikan olahan pangan apa yang akan mereka buat, dari 5 kelompok yang ada ada 5 makanan yang disajikan seperti puding berbahan dasar ubi ungu, agar-agar jagung, stick ubi ungu dan keripik kentang dengan bumbu rahasia.

Tidak hanya diminta mengolah bahan pangan tersebut anak-anak juga dituntut dapat menawarkan produk olahannya kelingkungan sekitar, hal ini dimaksudkan sebagai uji pasar dari produk yang telah mereka olah dan melatih jiwa berwirausaha.

Setelah itu masing-masing kelompok mencoba merefleksi hasil kerja mereka, kelompok regina misalnya walau untung yang mereka dapatkan tidak banyak namun dari hasil penjualan bisa mengembalikan modal yang sudah mereka keluarkan, begitupun dengan kelompok firja hasil olahan keripik kentang yang mereka buat sangat diminati oleh teman-temannya.

Melalui ujian praktik ini diharapkan siswa tidak hanya pandai mengolah bahan pangan namun juga menumbuhkan semangat berwirausaha diusia dini.


SHARE THIS

Author:

Terima kasih sudah membaca Blog SMP Juara Pekanbaru. Selalu dukung smp juara pekanbaru, menjadi sekolah yang terbaik, bagi sobat yang mau mengirimkan saran silakan hubungi admin 085278260687.

0 komentar: