1/31/2019

SMP Juara Pekanbaru ajak siswa hidupkan Sunnah Jum'at dengan Al Kahfi & Dzikir Al Ma'tsurat

Pekanbaru, Jumat 01 Februari 2019. Seperti biasa pagi ini siswa juara mengikuti kegiatan pembacaan surah Al Kahfi dan dilanjutkan dengan dzikir harian Al Ma'tsurat secara bersama. Kegiatan ini di jadwalkan 2 kali dalam satu bulan secara bergantian dengan kegiatan muhadhoroh jumat pagi. Surah Al Kahfi merupakan bacaan sunnah di hari jumat yang seharusnya di amalkan oleh umat muslim begitupula dengan bacaan Dzikir Al Ma'tsurat yang merupakan sunnah harian pagi dan sore.

Kegiatan ini sudah berlangsung cukup lama bahkan sudah menjadi bagian dari nilai sekolah juara. Kegiatan ini bertujuan menanamkan pemahaman, nilai sekaligus menumbuhkan kecintaan serta semangat siswa dalam mengamalkan sunnah2 nabi dalam keseharian mereka. Ditambahkan lagi berdasarkan penjelasan hadits tentang keutamaan membaca atau menghafal surah Al Kahfi terutama dihari jumat diantaranya bisa menyelamatkan seseorang dari fitnah Dajjal.
Dari Abu Darda, dari Nabi SAW bersabda, “Barangsiapa menghafal sepuluh ayat pertama dari surat al-Kahfi maka dia akan dijaga dari Dajjal". (HR Muslim). Dari Abu Said al-Khudri, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa membaca surat al-Kahfi sebagaimana ia diturunkan, maka baginya cahaya pada hari Kiamat dari tempat berdirinya hingga Makkah, dan barangsiapa membaca sepuluh ayat terakhirnya kemudian Dajjal keluar, maka dia tidak akan dapat dikuasainya". (HR Muslim). Dan masih banyak hadits2 lainnya yang menjelaskan kepada kita tentang keutamaan membaca dan menghafal surah Al Kahfi.

Begitupula keutamaan bacaan dzikir Al Ma'tsurat yang mana jika diamalkan secara rutin bisa menghindari seseorang dari kejahatan sihir, guna2, kejahatan jin, dll.

Ketika saya menanyakan adakah diantara siswa juara yang rutin mengamalkan dzikir Al ma'tsurat ini setiap hari ? Sontak diantara mereka menunjuk kearah Dina Lestari salah seorang siswi kelas 8 Andalusia yang secara rutin membaca dzikir Al Ma'tsurat bahkan di perjalanannya menaiki busway ketika pulang dari sekolah menuju rumah. Subhanallah semoga menginspirasi siswa yang lainnya.

#IJF
#SMPJuaraPekanbaru


SHARE THIS

Author:

Terima kasih sudah membaca Blog SMP Juara Pekanbaru. Selalu dukung smp juara pekanbaru, menjadi sekolah yang terbaik, bagi sobat yang mau mengirimkan saran silakan hubungi admin 085278260687.

0 komentar: