1/31/2019

Siapakah Dia si Peniru Ulung?

Pekanbaru, Selasa, 29 Januari 2019. Mentoring orang tua adalah salah satu program penting dalam mengedukasi orang tua dari siswa dan siswi SMP Juara Pekanbaru. Jadi tidak hanya anak-anak, orang tuapun harus diedukasi. Program ini dilaksanakan selain sebagai salah satu syarat masuknya siswa di sekolah juga untuk mensinkronkan pemahaman orang tua tentang pendidikan Islam, tentang ibadah-ibadah wajib maupun sunnah yang pihak sekolah telah ajarkan atau arahkan untuk dilaksanakan oleh para siswa. Untuk itu, pendidikan ini tidak bisa hanya dilakukan satu pihak saja dalam hal ini sekolah, maka orang tuapun harus mendukung pendidikan ini agar para siswa bisa terkontrol baik saat berada di sekolah maupun di rumah.
Mentoring orang tua siswa dibagi ke dalam mentoring ibu juara dan mentoring bapak juara. Untuk jadwal pelaksanaannya berdasarkan kesepakatan antara para anggota kelompok mentoring dengan pementor. Biasanya kegiatan ini dilaksanakan di sekolah, namun ada juga beberapa kelompok mentoring melaksanakan kegiatan ini di mesjid selingkungan SMP Juara Pekanbaru.
Selasa ini, salah satu kelompok mentoring ibu juara yang diketuai oleh Ibunda dari Almody Sya’ban yaitu ibu Andia Murni berjalan dengan lancar. Khusus pekan ini, mentoring dimulai pukul 15.00 WIB. Acara dibuka dengan diawali tilawah dan penyetoran hafalan Al-Qur’an oleh seluruh anggota mentoring. Selanjutnya adalah materi yang disampaikan oleh Mam Satri selaku pementor.
Materi mentoring pada pekan ini tentang Pendidikan bagi anak. Dalam penyampaian materi ini, ada 3 macam pendidikan Islam yang harus ditanamakan sedini mungkin kepada anak diantaranya : Pendidikan Aqidah, Pendidikan Ibadah dan Pendidikan Akhlak. Sedangkan metode pendidikan ada banyak seperti : Metode Pembiasaan Diri, Metode Keteladan, Metode Pemberian Pujian, Metode Pemberian Hukuman, Metode Ceramah dan lain-lain. Selain teori-teori tersebut, pementor juga menyampaikan beberapa contoh yang sering terjadi dikehidupan sehari-hari.
Titik tekan dari penyampaian materi ini adalah bahwa setiap kebaikan yang ingin kita tanamkan kepada anak (jika ingin anak kita menjadi anak sholeh dan sholehah), kita –orang tua-  harus menanamnya lebih dulu. Anak akan mengikuti apa yang telah kita kerjakan. Karena anak-anak adalah peniru paling ulung di dunia. Anak akan meniru apa yang dilihat dan dirasakannya. Jadi mendidik anak yang terbaik adalah dengan teladan dan contoh yang baik dari kita sebagai orang tuanya, tentunya dengan dasar pendidikan Islam tadi, jadi bukan sekedar lewat kata-kata, perintah-perintah yang orang tua sendiri tidak mengerjakannya.
 “Alhamdulillah mentoring kita pekan ini berjalan lancar, walaupun dari 12 anggota ada 3 orang tua siswa yang tidak hadir dikarenakan sakit. Tapi secara keseluruhan agenda mentoring pekan ini berjalan baik dan semoga apa yang sudah disampaikan bisa dipahami oleh para ibu. Ibu adalah madrasah pertama bagi anak-anak, maka ibu juga harus diberi edukasi agak bisa membentuk anak-anak yang sholeh dan sholehah” ujar Mam Satri.



SHARE THIS

Author:

Terima kasih sudah membaca Blog SMP Juara Pekanbaru. Selalu dukung smp juara pekanbaru, menjadi sekolah yang terbaik, bagi sobat yang mau mengirimkan saran silakan hubungi admin 085278260687.

0 komentar: